Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Banten
Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / BANTEN HARI INI / Tahun 2018, Target Prona Capai 70 Ribu Bidang

Tahun 2018, Target Prona Capai 70 Ribu Bidang

Kabupaten Tangerang (WB)- Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Tangerang menargetkan 70 bidang tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Program Nasional Agraria (Prona) sertifikat tanah 2018 mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Tangerang Himsar mengatakan, target prona sertifikat tanah gratis bagi warga tersebut mengacu pada kebutuhan yang ada.

Dimana, kata dia, masih banyak tanah milik warga di desa-desa yang ada di Kabupaten Tangerang hingga kini belum memiliki sertifikat.

“Tahun 2018 proyeksinya sekitar 70 ribu bidang. Dan mudah-mudahan sesuai anggaran yang ada tahun depan,” kata Himsar.

Meski demikian, Himsar mengaku belum menentukan desa mana saja yang akan mendapatkan jatah prona tahun depan.

“Belum. Kita breakdown nanti dapatnya berapa, dan desa mana saja yang akan mendapatkan prona. Karena di pusat juga kan belum ketuk palu,” tambahnya.

Himsar juga memastikan, pihaknya akan meminta data Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat.

Utamanya untuk menentukan jumlah bidang dan desa mana saja yang akan mendapatkan prona.

“Tentu kita akan lebih memprioritaskan bidang tanah yang tidak bermasalah,” imbuhnya.

Lebih jauh Himsar menjelaskan, prona pada 2017 ini telah menyasar ke 12 desa di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang yakni Kecamatan Kresek, Mekarbaru dan Gunungkaler.

Total ada 40 ribu bidang tanah di tiga kecamatan tersebut. Prona terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama 30 ribu bidang dan tahap dua 10 ribu bidang.

Namun prona tahap pertama baru mencapai 71 persen. Sedangkan tahap dua hampir mencapai 90 persen.

Himsar pun mengimbau agar warga segera menyerahkan berkas surat tanahnya agar segera diproses untuk kemudian diterbitkan sertifikat.

“Kita berikan batas waktu sampai 17 November untuk penyerahan berkas. Kalau lewat tanggal itu tidak kita terima lagi,” tandasnya.

Terpisah Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyambut baik proyeksi prona 2018 yang mencapai 70 ribu bidang tanah. Ia pun berharap warga bisa memanfaatkan program tersebut sebaik-baiknya.

“Tentu ini menjadi kesempatan yang baik bagi masyarakat. Apalagi program inikan gratis, sayang kalau tidak dimanfaatkan. Karena belum tentu tahun berikutnya dapat (prona,red) lagi,” kata Zaki. (tris/jtc/atm)

Check Also

Kapolda Banten Lepas Gerak Jalan Festival Damai Kebhinekaan

Kabupaten Tangerang (WB)-Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir melepas sekitar 65 ribu orang untuk mengikuti ...

3 comments

  1. Assalamualaikum
    Saya tinggal di kec. Waringin kurung di kab. Serang, banten.
    Mau menanyakan kalau di daerah kec. Waringin kurung kapan mau di adakan sertifikat tanah gratisnya soalnya slama saya tinggl di sini, dari kecil sampai skrg belum pernah ada sertifikat tanah gratis untuk kec. Waringin kurung, kab. Serang

  2. Assalamualaikum wr. wb.
    Saya nuraenah tinggal di kec. Waringin Kurung, kab. Serang, Banten.
    Mau menanyakan prihal sertifikat tanah gratis tersebut. Karena di daerah saya ini setahu saya dari saya kecil sampai sekarang ini belum pernah di adakan sertifikat tanah gratis.
    Jadi saya cuma mau minta tolong sampai kepada pemerintah kota serang, tolong untuk tahun ini 2018 ini supaya pemerintah mengadakan sertifikat tanah gratis di kec. Waringin Kurung, kab. Serang. Karena kami terutama saya & keluaga saya juga membutuhkannya.
    Terima kasih.

  3. Jadwal prona di desa Panongan kab. Tangerang kpn ya? Tolong infonya, tks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: