Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / BANTEN HARI INI / Hari Bumi 2019, Selamatkan Sungai Cisadane Dari Kerusakan

Hari Bumi 2019, Selamatkan Sungai Cisadane Dari Kerusakan

Kota Tangerang (WB)-Dalam rangka perigatan hari bumi 2019 di Kota Tangerang dengan tema selamatkan sungai cisadane dari kerusakan untuk masa kini & masa mendatang, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang bersama Aliansi Air DAS Cisadane, Dinas Pekerjaan Umum Tangerang, Dinas Perhuhungan Kota Tangerang, BPBD Tangerang, Clean The City Tangerang, Komunitas Earth Hour, PRAMUKA, Kehatilab Indonesia, PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, PT. Yuassa Battery Indonesia, dan RS. Awal Bross mengadakan aksi pembersihan dan pemantauan kualitas air sungai cisadane.

Sebanyak 6 buah perahu beserta jaring sampah diturunkan di Taman Dayung sebagai titik awal kegiatan. Hasilnya kurang lebih ratusan sampah domestik berhasil diangkat dari sungai cisadane.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Engkos Djarkasih mengatakan, peringatan hari bumi tahun 2019 Kota Tangerang, DLH  bekerja sama dengan para pihak melaksanakan  pembersihan sungai untuk menjaga Sungai Cisadane. Selain itu, deklarasi SABATURI (Sadar Bawa Tumbler Sendiri) juga akan dilaksanakan besok bersama Walikota Tangerang, bertujuan untuk mengurangi sampah plastik dan kesehatan masyarakat.

Yusrif Muhasim, Ketua Aliansi Air DAS Cisadane mengatakan, AADC yang merupakan gabungan dari unsur pemerintah, swasta dan masyarakat yang berfokus pada perlindungan sungai cisadane  menargetkan tiga pilar kegiatan AADC yaitu edukasi lingkungan, sanitasi (toilet, waste trap & ipal komunal) serta reforestasi (hulu & urban farming) terlaksana di tahun 2019 ini khususnya di Kota Tangerang.

Tata cara pengambilan sample kimia dan biologi air sungai cisadane untuk penelitian kualitas air dilakukan oleh Kehatilab Indonesia. Seperti diketahui hasil penelitian sebelumnya oleh SEMAC JICA, limbah sungai cisadane terdiri dari 84% limbah domestik (rumah tangga), 12% industri dan 2 % lainnya.

Sementara itu, Omar Tobias dari Clean The City mengatakan, Clean the City (CtC) sangat mendukung kegiatan ini sesuai dengan komitmen CtC sebagai komunitas yang kegiatannya melibatkan partisipasi publik. Kegiatan  pembersihan sungai Cisadane dari sampah domestik merupakan langkah nyata, jauh lebih berarti dan pasti menghasilkan perubahan, serta tertanam dalam masyarakat bahwa budaya bersih merupakan bagian dari karakter bangsa Indonesia.

Herwanda Karli, Stakeholder Relation Manager PT. Multi Bintang Indonesia Tbk mengatakan, kegiatan DLH Kota Tangerang bersama Aliansi Air DAS Cisadane dan para pemangku kepentingan lainnya merupakan konsep public – private – partnership dimana semua pihak berkolaborasi dalam upaya penyelamatan DAS Cisadane sesuai dengan 12 prioritas utama perlindungan DAS Cisadane yang komprehensif dari hulu ke hilir, sesuai hasil workshop UNIDO, di Bogor beberapa waktu lalu, serta United Nation Sustainable Development Goals khususnya clean water & sanitation. (rls/yat)

Check Also

PDAM TKR Hadir Disaat Warga Butuh Air

Tigaraksa (WB) – Pemerintah Kabupaten Tangerang terus berupaya melayani masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.