Dosen Universitas Pamulang Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Cikasungka

Solear (WB) – Hal penting yang seringkali diabaikan dalam melakukan bisnis yang bergerak di bidang retail adalah pencatatan keuangan. Ketidakmampuan para pelaku usaha dalam melakukan pencatatan yang baik dan benar menyebabkan banyak dari usaha yang tidak berlangsung lama.

Untuk itu sebagai bentuk aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggai yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), para dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang berupaya melakukan program pelatihan “Penerapan Akuntansi Sederhana pada Usaha Retail Rumah Tangga Dengan Pendekatan Berbasis Money Manager Apps” di Keluarahan Cikasungka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang yang berlangsung dari tanggal 4-6 Oktober 2019.

Kegiatan ini di Ketuai oleh Ibu Adhitya Putri Pratiwi, SST. Pa., M.M. , Wakil ketua Ibu Lia Ira Sahara, S.E., M.M. Sekertaris Ibu Ani Kusumaningsih, S.T., M.M. , dan Narasumber Bpk Fery Citra Febriyanto, S.E., M.M. serta Bpk Baharuddin Saga, S.E., M.M., BKP. juga melibatkan 3 orang mahasiswa UNPAM prodi S1 Akuntansi.

Kegiatan ini menyasar pada Ibu Rumah Tangga sebagai pelaku retail rumahan atau UKM yang biasanya hanya melakukan pencatatan dengan mencatat uang masuk dan uang keluar beserta selisihnya saja dan seringkali mencapur antara uang hasil usaha dengan uang keluarga. Pembukuan sederhana dapat dilakukan secara manual ataupun dengan bantuan sistem.

Saat ini, banyak aplikasi pembukuan yang mudah dipahami dan sederhana untuk dioperasikan. Salah satunya adalah Aplikasi Money Manager. Aplikasi ini dapat di install pada Smartphone pelaku usaha. Selain menyediakan menu yang mudah dimengerti, aplikasi ini juga menyediakan akun-akun yang sering terjadi pada usaha retail.

Kegiatan ini dimulai terlebih dahulu dengan pemaparan materi akuntansi sederhana untuk menyamakan persepsi pembukuan dan sesi tanya jawab oleh 15 orang pelaku usaha di desa Cikasungka, setelah pemaparan materi lalu dilanjut dengan pengenalan aplikasi Money Manager Apps untuk UKM.

Para Ibu Rumah Tangga antusias ketika pelaksanaan pelatihan memasuki sesi akhir yaitu praktek langsung bagaimana memasukan pencatatan keuangan sederhana sampai dengan melihat laporan laba rugi yang sudah dapat dilihat secara otomatis. (kiki)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.