Tatang Calon Kuat Sekda?

Kota Tangerang (WB) – Nama Tatang Sutisna, santer tersiar sebagai calon kuat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang. Kabar ini mengudara setelah Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Tangerang 2019, mengumumkan tiga nama yang bakal menduduki jabatan tertinggi di lingkup Pemkot Tangerang.

Selain Tatang, dua nama lainnya yang dinyatakan memenuhi kompetensi yakni Herman Suwarman dan Said Endrawiyanto. Tiga nama itu tercantum dalam pengumuman nomor  800/15 -PanselJPTP/x/2019, tentang hasil seleksi Sekda Kota Tangerang 2019.

Mengudaranya nama Tatang sangatlah wajar. Sederet jabatan memang pernah disandang. Tatang sendiri saat ini mengemban amanah sebagai pejabat Sekda, merangkap Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Tangerang. Birokrat kelahiran Cirebon, 12 Januari 1965 ini juga masih tercatat sebagai Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang.

Mengenai tiga besar calon sekda hasil seleksi tersebut, Ketua Panitia Seleksi, Ahmad Sihabudin, mengatakan bahwa pihaknya telah menyodorkannya ke Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

“Tugas kami sebagai panitia seleksi hanya cukup mengantarkan tiga nama besar ke Walikota Tangerang. Dan, Walikota Tangerang yang akan memilihnya nanti,” ujar Sihabudin.

Ketika ditanya berapa lama waktu yang dibutuhkan Walikota untuk memilih calon sekda tersebut, ia menjelaskan paling cepat seminggu karena tinggal menunjuk saja salah satu dari tiga nama yang lolos tiga besar tersebut.

“Bisa seminggu atau lebih, bahkan bisa saja kurang dari seminggu untuk menentukan Calon Sekda Kota Tangerang,” ucapnya, seraya menambahkan bahwa pihaknya juga telah memberikan tembusan ke Gubernur Banten dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), soal tiga nama-nama tersebut.

Sihabudin menambahkan, ketiga calon Sekda Kota Tangerang tersebut telah memenuhi tahapan yang terdiri dari nilai assessment untuk jabatan Sekretaris Daerah, nilai rekam jejak untuk jabatan Sekretaris Daerah, nilai wawancara untuk jabatan Sekretaris Daerah dan nilai penulisan makalah untuk jabatan Sekretaris Daerah.

Masih menurut Sihabudin, pihaknya juga telah melakukan proses penilaian sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku.

“Penilaian ini sesuai dengan tahapan yang diikuti oleh para calon Sekretaris Daerah Kota Tangerang,” tukasnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengungkapkan jika dirinya akan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Kita akan kirim surat dulu ke KASN,” tegas Arief.

Menanggapi hal tersebut pengamat dari Lembaga Kajian Pemerintahan Indonesia, Hasan BJ, mengatakan, proses seleksi dari panitia Sekda Kota Tangerang telah selesai dan mengirimkan tiga nama kepada Walikota Tangerang.

“Sekarang tinggal Walikota Tangerang, yang memilih siapa yang cocok untuk bisa memduduki jabatan Sekda. Sebab, seorang Sekda harus bisa menjembatani kerja Walikota baik intern kedinasan maupun eksternal yang berhubungan dengan masyarakat,” tukasnya. (jojo)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.