Jadikan Sekolah Bersih, Indah dan Sehat

Kota Tangerang (WB) – UPT – SDN Tangerang 12 Korwil Pendidikan Kecamatan Tangerang yang kini dikepalai Suherman, S.Pd merupakan salah satu Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN) dan juga dalam waktu dekat ini akan melaksanakan Akreditasi Sekolah dibawah pengawasan tim asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Banten.

Jelang persiapan dua program tersebut UPT – SDN Tangerang 12 baru-baru ini juga telah menggelar ragam kegiatan untuk memaknai momentum Hari Anak Internasional dalam bingkai program deklarasi sekolah ramah anak yang diimplementasikan sehari belajar di luar kelas.

“Alhamdulillah dalam giat belajar di luar kelas tersebut kita awali menyambut peserta didik dengan 3S yaitu Sapa, senyum dan Salam. Kemudian acara dibuka menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya III stanza, dilanjutkan deklarasi di pimpin oleh saya selaku kepala sekolah didampingi Hj. Ea Julaeha, S.Pd, M.Pd selaku Ketua Panitia kegiatan,” urai Suherman, Jumat (8/11) kemarin.

Lebih lanjut Suherman menambahkan, setelah menandatangani deklarasi kemudian dilanjut dengan kegiatan doa bersama dan acara ramah tamah sarapan sehat bersama dalam program cuci tangan sebelum dan sesudah makan yang telah disiapkan orang tua siswa.

“Paska sarapan sehat bersama dilanjut dengan literasi, dan ragam permainan tradisional serta penampilan kesenian dari siswa – siswi di gazebo Tangerang 12 yaitu marawis, tepuk hak anak, yel – yel sekolah ramah anak, dan lagu hemat energi serta acara diakhiri mematikan aliran listrik yang tidak dipergunakan, dan membersihkan ruang kelas dan halaman sekolah,” tambahnya.

Suherman menjelaskan, momentum Hari Anak Internasional yang dikemas dalam bingkai deklarasi sekolah ramah anak yang diimplementasikan sehari belajar di luar kelas tersebut merupakan wujud nyata dari penguatan pendidikan karakter (PPK), pola hidup bersih sehat (PHBS), kesehatan gizi seimbang, gerakan literasi sekolah (GLS), gerakan masyarakat sehat (Germas), cinta lingkungan dan hemat energy.

“Intinya adalah menumbuhkan karakter-karakter yang dibangun disetiap roundown kegiatan sehingga hari ini akan menjadi awal pembiasaan para pendidik, tenaga pendidik, orang tua wali murid dan peserta didik UPT – SDN Tangerang 12 untuk menjadikan sekolah bersih, indah, sehat, asri dan nyaman serta cinta lingkungan sesuai dengan tagline deklarasi sekolah ramah anak di sekolah ini,” tutup Suherman. (nus/ags/atma – 01)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.