Tingkatkan literasi Investasi Pasar Modal Bagi Siswa

Tangsel (WB) – Investasi dan pasar modal merupakan istilah yang tidak asing bagi sebagian kalangan masyarakat. Di usia yang masih muda, banyak siswa-siswi yang belum memahami untuk apa berinvestasi dan bagaimana berinvestasi di pasar modal, pada Kamis lalu (14/11) telah dilaksanakan program pengenalan manajemen investasi dan pasar modal untuki siswa-siswi sekolah menengah atas di SMK Bintang Nusantara, Pondok Kacang Timur, Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan ini di Ketuai oleh Dwi Septiani, S.E., M.M., Sekretaris : Lilis Karlina, S.E., M.Ak., Bendahara : Ferdiansyah, S.E., M.Ak , dan Narasumber Adi Martono, S.T., M.M. serta Dwi Septiani, S.E., M.M., juga melibatkan mahasiswa prodi Akuntansi S1, Universitas Pamulang. Dan para siswa-siswi kelas X, XI dan XII SMK Bintang Nusantara sebanyak 83 orang.

“Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi mengenai perlunya berinvestasi dari sejak dini dan cara berinvestasi di Pasar Modal. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Akuntansi S1, Universitas Pamulang,” ujar Dwi.

Kegiatan dibuka dengan pemberian sambutan oleh perwakilan SMK Bintang Nusantara yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum Dwi Hastuti, S.Pd.

Dilanjutkan dengan pemaparan dan tanya jawab mengenai investasi oleh Adi Martono, S.T., M.M. “Investasi itu perlu dilakukan dari sejak dini dan saat ini tersedia beragam jenis investasi yang bisa dipilih meskipun dengan modal yang kecil,” kata Adi.

Selain pemaparan mengenai konsep investasi, diutar juga video terkait pilihan-pilihan jenis investasi yang tersedia.

Dilanjutkan dengan Dwi Septiani, S.E., M.M. yang memaparkan serta tanya jawab mengenai berinvestasi di Pasar Modal, “Mengenai apa itu Bursa Efek Indonesia, apa perbedaan antara investasi di saham dan investasi lainnya, mengapa perlu berinvestasi dalam bentuk saham dan apa keuntungannya serta cara berinvestasi di Bursa Efek Indonesia,” pungkas Dwi.

Selain itu, ada juga pemaparan mengenai Galeri Investasi yang disampaikan oleh Aprilia, Alvia dan Dyana, merupakan mahasiswa di semester 5 dan 7 yang telah berinvestasi di pasar modal. Secara bergantian, mereka menjelaskan tentang cara dan manfaat dari berinvestasi saham, juga pengalaman mereka dalam berinvestasi saham melalui aplikasi di android.

Galeri Investasi Universitas Pamulang juga memberikan kesempatan kepada siswa-siswi SMK Bintang Nusantara untuk belajar dan berinvestasi di pasar modal.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan plakat dari penyelenggara yang diserahkan oleh Ketua pelaksana Dwi Septiani, S.E., M.M. kepada Ketua Jurusan Akuntansi SMK Bintang Nusantara M. Rusdin, S.E. (kiki)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.