KSN Kelapa Dua, Berprestasi Menjemput Perubahan

Kab. Tangerang (WB) – Korwil Kecamatan Kelapa Dua menggelar Kompetisi Sains Nasional  (KSN) tahun 2020, Kamis (13/2). 

Kegiatan yang digelar di komplek SDN Bencongan I dan II itu, diikuti utusan 54 SD Negeri dan Swasta se-Kecamatan Kelapa Dua.

Ketua Panitia Pelaksana, Engkus Kusmayadi, S.Pd, dalam sambutannya di acara pembukaan, memberi semangat berkompetisi kepada seluruh peserta KSN agar menunjukkan kemampuan terbaik mereka di event ini.

“Perhatikan semua peserta di samping kalian, mereka semua kompetitor. Mereka akan menunjukkan kemampuan terbaik di bidang MIPA. Maka silakan tunjukkan kompetensi kalian, karena ini kesempatan besar menunjukkan hasil belajar kalian selama di sekolah,” tegasnya.

Kepada WARTA BANTEN, Ketua Gugus 01 SD Kecamatan Kelapa Dua yang akrab disapa Uyan ini mengungkapkan, perubahan nama kegiatan dari Olimpiade Sains Nasional (OSN) menjadi KSN, diharapkan meningkatkan semangat berkompetisi. Event ini juga diharapkan menumbuhkan karakter siswa yang tangguh dan adaptif menjemput perubahan.

“Karena itu, kali ini kita pilih tema ‘KSN Mewujudkan Generasi Cerdas, Berkarakter, Tangguh dan Adaptif terhadap Perubahan’. Pendidikan itu akan selalu membuka gerbang kemajuan, bukan kemunduran. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka seluruh peserta didik dituntut mampu menjemput perubahan,” papar Uyan.

Secara teknis ia menjelaskan, kompetisi akan dibagi dua sesi. Pada sesi pertama, seluruh peserta mengisi soal-soal sesuai mapel yang diujikan. Peraih nilai enam besar dari seluruh peserta di bidang IPA dan Matematika, akan maju ke sesi kedua untuk menentukan peringkat I hingga Harapan III.

“Selama ini, perwakilan Kecamatan Kelapa Dua di ajang KSN tingkat berikutnya selalu meraih prestasi terbaik. Bahkan ada yang sampai ke tingkat nasional. Di tingkat kecamatan ini lah kompetisi itu dimulai. Kita selalu menyaring peserta terbaik yang kelak tak hanya mewakili Kelapa Dua, tapi juga mewakili Kabupaten, Provinsi, bahkan mewakili Indonesia di level internasional,” sebutnya.

Lebih jauh Uyan menyampaikan, pelaksanaan kegiatan KSN di gugusnya kali ini juga akan jadi evaluasi untuk pelaksanaan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Pentas PAI tingkat Kecamatan Kelapa Dua yang segera digelar setelah ini.

“Kebetulan tuan rumahnya satu paket, kegiatan FLS2N dan Pentas PAI tahun ini juga digelar di gugus kami. Maka event ini akan kita jadikan evaluasi jika terdapat kekurangan,” ujarnya.

Dari seluruh rangkaian kegiatan ini ia berharap melahirkan siswa-siswi yang tidak berhenti berprestasi di tingkat Kabupaten saja, tapi hingga seterusnya. 

“Sehingga Kecamatan Kelapa Dua dapat terus mempertahankan prestasi terbaiknya, bahkan tahun ini diharapkan lebih baik. Karena itu kita selalu melibatkan pengawas SD dan semua elemen pendukung yang kompeten sesuai bidang,” pungkasnya. (red)

Share :

One thought on “KSN Kelapa Dua, Berprestasi Menjemput Perubahan

  • 13 Februari, 2020 pada 14:05
    Permalink

    Selamat dan sukses untuk Kang Engkus

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.