Hari Air Sedunia, Momentum Kelola Air Bersih

Banten (WB) – Hari Air Sedunia adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Demikian dijelaskan H.  Daud Yosef, Kepala Satket TP OP Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  Provinsi Banten.

“Hari Air Dunia (HAD) atau World Water Day diperingati sebagai bentuk kepedulian akan pentingnya air bersih bagi manusia.

Setiap tahun Hari Air Sedunia diperingati pada tanggal 22 Maret, dan menurut sejarah HAD diumumkan pada sidang PBB tahun 1992, di Brasil,” jelasnya.

Air, kata dia, merupakan Sumber Daya Alam yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup. Dengan air bersih manusia dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari.

“Perlu kita ketahui bahwa 80 persen tubuh manusia merupakan air, dan dapat kita bayangkan jika di bumi ini kekurangan air bersih,” ujarnya. 

Lebih jauh ia mengatakan, kebutuhan air bersih setiap tahunnya akan selalu meningkat, seiring dengan peningkatan populasi penduduk, dan ini menjadi tanggung jawab bersama dalam memelihara, melestarikan, dan memanfaatkan air bersih, untuk masa yang akan datang.

“Memelihara air dapat kita lakukan dengan tidak membuang sampah ke kali atau sungai, sedangkan melestarikan air dapat di lakukn dengan cara tidak menebang pohon sembarangan, terutama di hulu serta penanaman pohon. 

Sedangkan memanfaatkan air bersih, gunakanlah air secukupnya,” imbuhnya. (yan/red)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.