Silaturahmi Virtual Idul Fitri

Oleh : ucu Juhroni

Indonesia masih memberlakukan kebijakan semi lockdown atau pemutus sirkuit (circuit breaker) selama pandemi Covid-19. Karena itu, warga Muslim pun dilarang agar tidak mengadakan kunjungan silaturahmi selama perayaan Idul Fitri tahun ini. Masyarakat diminta bersilaturahmi dengan keluarga hanya lewat gadget dan media sosial.

Saat ini teknologi telah memberi banyak kesempatan untuk secara kreatif menggunakan alat telekonferensi dan aplikasi seluler untuk memenuhi kewajiban religi. Dan bahkan bisa melakukan kunjungan Hari Raya ‘virtual’ kepada orang-orang yang dicintai, untuk menjaga ikatan dan tradisi tetap hidup dan dinamis.

Dalam situasi tidak normal seperti ini Umat Muslim harus mematuhi pembatasan sosial nasional pada pertemuan di ruang publik dan pribadi, dan karena itu perlu menahan diri dari kunjungan tradisional Hari Raya dan pertemuan di seluruh rumah tangga.

Idul Fitri kali ini akan menjadi musim spesial Hari Raya yang mengharuskan kita semua untuk tetap waspada, ulet dan bersatu. Kita harus mengambil pandangan serius terhadap ancaman Covid-19, menjalankan tanggung jawab sosial, dan menjaga orang-orang yang kita cintai dan masyarakat Indonesia yang lebih besar tetap aman. Sebab jika tak patuh, Anda akan menyebarkan virus ke orang yang Anda cintai dan orang tua, yang sangat rentan dan dapat menyerah pada penyakit.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.