Pangdam III/Siliwangi Didaulat Naik Sisingaan

SUBANG,- Ada hal unik Pada rangkaian kegiatan penutupan program TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) Kodim 0605/Subang di Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang pada hari Rabu (29/07/2020), yaitu Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi (Slw) didaulat naik Sisingaan.

Sisingaan merupakan sebuah kesenian tradisional khas Jawa Barat khususnya wilayah Kabupaten Subang yang merupakan warisan budaya dari nenek moyang terdahulu di tanah Pasundan dan biasanya digelar pada acara-acara tertentu saja.

Namun uniknya pada rangkaian acara kali ini, pada saat penyambutan tamu kehormatan dalam hal ini Pangdam III/Slw, Mayjend TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.IP., M.M. bersama rombongan didaulat menaiki Sisingaan yang dilaksanakan sebelum memasuki lokasi upacara penutupan TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang atau tepatnya di jalan raya Desa Cijengkol Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang.

Komandan Kodim 0605/Subang selaku Dansatgas TMMD Ke-108, Letkol Arh Edi Maryono menuturkan, Tradisi Sisingaan merupakan salah satu tradisi kesenian yang berasal dari Kabupaten Subang yang biasanya digelar di acara-acara hajatan masyarakat Subang, namun kali ini kita gelar untuk menyambut tamu kehormatan.

“Sisingaan kali ini berbeda dengan yang biasa masayarakat Subang gelar kebanyakan dipakai pada saat hajatan saja, namun kali ini kita pakai untuk mendaulat Tamu Kehormatan yang saat ini Pangdam III/Slw beserta Rombongan,” tutur Letkol Edi.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.