Menjadi Narasumber, Kabid Diskominfo Beri Materi Pembinaan Penyuluhan Agama Islam Da’Wah Melalui Medsos

Kab. Tangerang (WBO) – Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Abdul Munir M. Syarif Mansyur, menjadi narasumber pada kegiatan pembinaan penyuluh mengenai pemanfaatan media sosial sebagai sarana da’wah pada Kamis kemarin (8/10/2020).

Acara yang diselenggarakan di Aula Kementerian Agama Kab. Tangerang ini dihadiri oleh sejumlah PNS maupun non PNS penyuluh Agama Islam.

Dalam kegiatan penyuluhan tersebut, Abdul Munir, menyebutkan bahwa media sosial dinilai efektif dalam menggemakan dakwah, dikarenakan media sosial bersifat universal, dapat dikemas dengan lebih menarik, mudah dibagikan dan juga dapat menjangkau khalayak luas.

“Karakteristik media sosial yang terbuka dan massif menjadikan media ini bisa digunakan sebagai sarana kebaikan, salah satunya sebagai media dakwah.” ujarnya.

Kegiatan dakwah melalui kanal media sosial telah Pemkab Tangerang laksanakan, khususnya pada bagian Diskominfo yang bertugas mengelola informasi. Dengan memuat konten ajakan kebaikan, mem-filter pemberitaan di media sosial, mencegah penggunaan media social untuk kepentingan tidak bermoral dan memecah belah umat serta mengedukasi masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial.

Abdul Munir juga menjelaskan, dengan memahami kebutuhan umat serta menetapkan tujuan yang jelas, penyampaian dakwah dapat tersampaikan dengan baik dan media sosial menjadi sangat efektif sebagai media dakwah.

Berbagai pertanyaan dilontarkan dalam sesi tanya jawab, salah satunya dari Bapak Shobrun Jamil dari Kecamatan Kresek disebutkan bahwa apakah saat ini Pemkab Tangerang memiliki Influencer dan Buzzer.

Dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi, saat ini Pemda Tangerang menempatkan pembaca sebagai influencer yang dapat menempatkan diri diposisi yang sesuai.

“Diharapkan kegiatan pemanfaatan media sosial sebagai sarana dakwah ini dapat diimplementasikan kedepannya dengan baik.” pungkasnya sebagai penutup kegiatan presentasi. (rls/red)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.