Laksanakan PKM, UNPAM Tingkatkan Kreativitas UMKM di Desa

Banten (WBO) – Kewirausahaan merupakan salah satu faktor pendorong peningkatan perekonomian Indonesia. Kewirausahaan melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan masyarakat dalam menyalurkan ide dan kreasinya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan salah satu soko guru perekonomian Indonesia selain koperasi. UMKM juga mampu menciptakan peluang kerja yang cukup besar bagi tenaga kerja dalam negeri, sehingga sangat membantu upaya mengurangi pengangguran.

Saat ini salah satu masalah yang dihadapi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) antara lain kurang menguasai teknologi, manajemen, informasi dan pangsa pasar.

Salah satu UMKM yang terdapat di desa Tegal kecamatan Kemang kabupaten Bogor, banyak peserta UMKM yang baru berdiri atau mulai menggeliat untuk menapaki bidang usahanya.

Jenis UMKM yang ada sangat beragam kegiatannya seperti usaha kuliner, catering rumahan, makanan kecil, kerajinan tangan rajut, menjahit pakaian jadi, kerajinan tas, warung sembako, warung makan dan lain-lain.

Dengan beragam kegiatan UMKM ini sehingga dibutuhkan pengelolaan khusus untuk menanganinya. 

Melihat adanya peluang ini, maka kami para dosen dan mahasiswa dari Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang berinisiatif untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kepada peserta UMKM selama tiga hari di wilayah desa Tegal, Kemang Bogor khususnya di wilayah Graha Pura Kemang, (28-30/11/2020).

Kegiatan ini diketuai oleh Lia Ira Sahara, S.E., M.M. Dengan anggota dan nara sumber Ani Kusumaningsih, S.T., M.M. , Fery Citra Febriyanto, S.E., M.M. dan Baharuddin Saga, S.E., M.M., BKP, Serta melibatkan 2 orang mahasiswa Unpam prodi S1 Akuntansi.

“Kegiatan ini diawali dengan memberi motivasi dan semangat kepada warga dalam berwirausaha, potensi warga dalam jumlah yang besar diharapkan dapat membantu memajukan ekonomi di kawasan ini,” kata Lia.

Masih kata Lia, dalam pelaksanaannya ditekankan tentang kewirausahaan berbasis digital marketing yang akan dikembangkan kedepannya untuk para pelaku UMKM di Graha Pura Kemang Bogor.

“Diharapkan dengan penerapan kewirausahaan yang baik dan pengembangan pemasaran yang lebih modern akan berdampak terhadap peningkatan pendapatan. Dengan penerapan teknologi maka pemasaran dapat dilakukan secara online. Demikian juga dalam pengiriman produk dapat dilakukan melalui jasa kurir,” lanjut Lia.

Dengan demikian hal ini akan mengurangi biaya pemasaran dan pengiriman. Adapun pemilihan informasi dalam pemasaran digital ini dilakukan karena demi mendapatkan jawaban atas keluhan para pelaku UMKM yang pendapatannya menurun selama masa pandemic Covid-19 ini.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberi suasana baru, semangat dan motivasi yang tinggi masyarakat yang mumpuni dalam menjalankan bisnis online melalui pemasaran digital.

Hal ini secara otomatis dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan akan tetap terjamin, meskipun terdapat kendala tidak dapat bertatap muka dengan pembeli/pelanggan di masa pandemic seperti sekarang ini. (kii)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.