Pelayanan Disdukdukcapil Meningkat

Serpong (WB) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memastikan bahwa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sudah kembali normal. Setelah mengalami penurunan hingga 70 persen, saat ini pelayanan sudah meningkat salah satunya melalui pelayanan yang diberikan di beberapa titik strategis.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Selatan, Dedi Budiawan menjelaskan bahwa saat ini pelayanan kembali normal. Jika sebelum pandemi Disdukcapil mendapatkan permintaan pelayanan hingga 1000-1500, sementara pada awal pandemi, pelayanan dibatasi hingga 300 pendaftar saja.

”Sekarang sudah new normal sehingga pelayanan sudah mencapai 1.500 hingga 2000 per harinya,” kata dia.

Dia menambahkan saat ini untuk memenuhi protokol kesehatan Disdukcapil membuka beberapa titik pelayanan. Misalnya di seluruh kantor pelayanan kecamatan. Kemudian kantor pelayanan yang ada di Mall-Mall.

Untuk pelayanannya pun dibagi. Jika memang ada masyarakat akan mengajukan permohonan administrasi untuk paket seperti kartu keluarga pindahan yang membutuhkan Kartu Keuarga, KTP dan pindah datang.

”Pelayanan ini diberikan di Kantor Disdukcapil,” ujar Dedi.

Dia menambahkan untuk pelayanan di Mall, akan difokuskan kepada percetakan e-KTP. Misalnya, percetakan KTP yang hilang atau rusak bisa dikerjakan di sini.

”Selanjutnya adalah percetakan KTP pemula, itu bisa difokuskan ke pelayanan kecamatan. Untuk warga yang baru akan memiliki KTP,” kata
dia.

Pelayanan Disdukcapil juga terus meningkat. Sekarang, Disdukcapil Tangsel menggandeng ojek online untuk melakukan pengiriman terhadap berkas yang dicetak untuk dikirim langsung kepada masyarakat. Setiap harinya, pelayanan ini digunakan oleh 200 hingga 500 warga yang memang membutuhkan pelayanan pencatatan sipil secara praktis.(hms/red)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.