Peringati Hari Juang Kartika 2020, TNI AD Sumbang 1000 Kantong Darah

Tangsel ( WB) – Di tengah situasi pandemi Batalyon Arhanud 1/PBC/1 Kostrad menggelar kegiatan Bakti Sosial Donor Darah, bertempat di Aula Supar Batalyon Arhanud 1/PBC Divif 1 Kostrad, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (12/12/2020).

Komandan Batalyon Arhanud 1/PBC/1 Kostrad Mayor Arh Helmy dalam pernyataannya mengaku bahwa kegiatan tersebut memang rutin dilakukan 6 bulan sekali. Namun pada kegiatan donor darah kali ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari juang Kartika yang jatuh pada tanggal 15 Desember 2020.

“Donor darah rutin kami adakan setiap 6 bulan sekali. Namun donor darah kali ini kami lakukan dalam rangka memperingati Hari juang Kartika”ujarnya.

Kegiatan Donor darah ini diikuti oleh 84 orang yang terdiri dari personel TNI/Polri dan Instansi sipil. TNI/Polri terdiri dari beberapa satuan yaitu : Resimen Arhanud 1/F/Dam Jaya, Kodim 0506/Tgr, Yonarhanud 10/ABC/1F/Dam Jaya, Denarhanud/003/ARK/1/F/Dam jaya, Yonkav 9/SDK/Dam Jaya, Polres Metro Tangerang Kota, Polres Tangerang Selatan, Polsek Serpong, Polsek Pagedangan, Polsek kelapa dua. Untuk Instansi sipil terdiri dari : Salpol PP Pemkot Tangsel, Damkar Tangsel, Dishub Tangsel, RS Bethsaida Parmount Serpong dll. Para pendonor dinyatakan siap dan masuk dalam kriteria sebagai
pendonor.

“Saya senang dan bangga bisa ikut menyumbang darah. Karena secara tidak langsung saya bisa membantu orang-orang yang membutuhkan,” kata Serda Wahyudi Kurniawan, salah satu prajurit yang mendonorkan darahnya.

Bagi PMI Dinkes Kabupaten Lebak kegiatan donor darah ini sangat berarti besar untuk menambah stok darah yang langka saat ini.

“Memang saat ini, khususnya di wilayah Jabodetabek kita kekurangan stok darah dihadapkan dengan kebutuhan darah yang sangat tinggi di masa pandemi ini. Jadi kami dari PMI sangat terbantu dengan adanya kegiatan Donor Darah oleh prajurit-prajurit TNI/Polri dan rekan-rekan dari instansi sipil,” kata Drs. H. Haryono, S.Hi., MM ketua PMI Dinkes Lebak.

Komandan Batalyon menambahkan bahwa dari kegiatan donor darah dalam rangka HJK ini diharapkan akan ada 1000 kantong darah yang terbagi dari satuan jajaran TNI AD. Batalyon Arhanud 1/PBC/1 Kostrad hanya mampu menyumbangkan 84 kantong darah yang memenuhi syarat. Tak lupa Komandan mengucapkan terima kasih kepada para pendonor yang dengan sukarela dan tulus ikhlas menyumbangkan darahnya dan juga bantuan dari PMI Kabupaten Lebak karena yang telah mendukung terlaksananya kegiatan donor darah ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit yang ikut mendonor, juga kepada PMI Lebak. Mudah-mudahan ketulusan niat dari semua pihak yang terlibat dalam kegiatan mendapatkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT,” tutur Komandan Batalyon Arhanud 1/PBC Divif 1 Kostrad.(her/red)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.