Jajaran Polresta Tangerang Ikuti Apel Siaga Penanggulangan Bencana

Kab. Tangerang (WBO) – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten mengikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Lapangan Maulana Yudhanegara, Puspemkab Tangerang, Jumat (22/1/2021).

Apel juga diikuti personel Kodim 0510 Tigaraksa, Satpol PP Kabupaten Tangerang, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang.

Pada apel itu, Wakapolresta Tangerang AKBP Dedy Tabrani memimpin personel Polresta Tangerang. Apel Siaga dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengatakan, kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana adalah langkah preventif dalam mengantisipasi penaggulangan bencana. Paradigma penanggulangan bencana, kata Wahyu, sudah semestinya diubah dari responsif menjadi preventif.

“Hal itu agar konsep penanggulangan bencana bukan sekadar reaktif tetapi juga proaktif dengan kemampuan analisa dan pemetaan yang sesuai,” kata Wahyu.

Wahyu menyampaikan, wilayah Kabupaten Tangerang memiliki karakteristik potensi bencana banjir. Guna mengantisipasi potensi bencana itu, terang Wahyu, tidak hanya diperlukan kesiapsiagaan semua aspek. Namun juga dipelrukan adanya perubahan perilaku.

“Masyarakat harus mulai menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan pengelolaan sampah yang baik, tidak dibuang sembarangan. Dan adanya keaktifan untuk terus memonitor saluran air,” terang Wahyu.

Wahyu melanjutkan, respons yang cepat perangkat pemerintah harus berpadu dengan adanya edukasi kepada masyarakat dalam penanganan bencana. Dengan demikian, ujar Wahyu, upaya penanggulangan bencana secara komprehensif dapat berjalan cepat, tepat, efisien, dan efektif.

“Mari kita senantiasa waspada dan selalu berdoa serta mengubah perilaku kita. Karena atas izin-Nya, bencana bisa saja kita cegah dengan penanganan yang benar,” tandasnya. (kii)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.