Warga Kabupaten Serang Diminta Waspada Bencana

Kab. Serang (WB) – Seluruh kecamatan di Kabupaten Serang memiliki potensi bencana masing-masing, terutama di penghujung musim penghujan kali ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat memprediksi bencana yang berpotensi terjadi yakni banjir dan tanah longsor.

Potensi longsor rawan terjadi di wilayah barat seperti Kecamatan Cinangka dan Padarincang. Sementara di bagian wilayah selatan seperti Kecamatan Tunjungteja dan Pamarayan memiliki potensi banjir.

Banjir juga berpotensi terjadi di wilayah timur, seperti Kecamatan Kibin dan Kragilan dan Kecamatan Pontang dan Tirtayasa di wilayah utara.

“Longsor lebih dominan wilayah barat (Cinangka dan Padarincang), banjir itu hampir menyeluruh. Intinya dari 29 kecamatan semuanya memiliki potensi, karena dilihat dari letak geografis dan penyebab utamanya,” kata Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Serang, Jhoni Efendi kepada wartawan kemarin.

Guna mempersiapkan kemungkinan terburuk, BPBD Kabupaten Serang saat ini makin gencar berkoordinasi dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kalau langkah sudah jauh, kan kegiatan rutin selain penanganan ya kegiatan sosialisasi, pelatihan, pembentukan relawan dan lain-lain,” ujar Jhoni.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana, mengharapkan warga setempat mengetahui langkah darurat saat bencana terjadi di daerah masing-masing

“Selain itu kita terus koordinasi dengan semua instansi terkait dan para relawan. Bahkan para Camat dan Kades kami minta ikut serta memantau kondisi terkini,” kata Nana.

Seperti diketahui, sejumlah daerah di Indonesia mulai Aceh, Kalimantan, Sulbar, Maluku, Manado hingga Sumedang diterjang bencana gempa dan banjir pada awal 2021.

Wilayah Banten sendiri selama tiga tahun terakhir ini, berturut-turut diterpa bencana alam mulai dari tsunami Selat Sunda, banjir bandang hingga longsor. (red)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.