Ecofarm Kampung Baru Berbasis Agrowisata dan Ketahan Pangan

Kota Tangerang (WBO) – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang terus berupaya mewujudkan kota yang layak huni dan mensejahterakan masyarakatnya salah satunya membangun Ecofarm kampung baru.

Ecofarm Kampung Baru merupakan konsep taman tematik berbasis agrowisata dan ketahanan pangan, penataan kawasan ini diintegrasikan antara taman hias, tanaman produktif serta perternakan dan pesawahan.

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah bersama Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin dan Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman hadir dalam acara persmian Ecofarm Kampung Baru dan Launching Asuransi Pohon Tumbang yang bertempat di Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Jum’at (19/2/2021).

“Terima kasih kepada Dinas Budpar beserta seluruh jajaran yang telah membangun lahan yang tidak terpakai menjadi taman yang indah dan bermanfaat untuk masyarakat,” ucap Arief.

“Ini adalah bagian dari pemberdayaan masyarakat untuk ketahanan pangan karena tidak hanya taman hias tapi juga ada tanaman jagung, kangkung, kacang dan lain sebagainya,” terangnya

Lanjut Arief berharap masyarakat terutama warga sekitar dapat menjaga, merawat dan dikelola apa yang sudah difasilitasi oleh Pemkot Tangerang agar bisa bermanfaat dan berkembang.

“Saya berharap KWT yang dikembangkan oleh teman – teman OPD bisa terus mengembangkan diri sehingga nantinya bisa menjadi daerah tujuan wisata edukasi,”

“Tidak perlu jauh – jauh ke Belanda liat kincir angin di Ecofarm Kampung Baru juga ada, keren jasa,” imbuh Arief

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Budpar Kota Tangerang H. Ubaidillah Ansar menjelaskan Ecofarm Kampung Baru memiliki luas 8.377 meter, diantaranya dengan difasilitasi kebun bunga, kebun semai, kebun sayur, sawah mini, perternakan ayam dan landmark berupa kincir angin Amsterdam.

“Kawasan ini merupakan unsur ketahanan pangan di tengah pandemi yang kedepannya bisa didorong menjadi wisata edukasi yang berada di Kota Tangerang dalam bidang agrowisata,” tukas Ubaidillah

Untuk diketahui, selain peresmian Ecofarm Kampung baru, Disbudpar juga melaunching prohram Asuransi Pohon Tumbang sebagai bentuk santunan kepedulian pemerintah kepada masyarakat Kota Tangerang yang tertimpa musibah bencana alam pohon tumbang. Dengan bekerja sama dengan PT. Asuransi Umum Bumi Putera Muda (BUMIDA). (rls/red)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.