oleh

Pilkades Pandeglang Pertengahan Juni

Pandeglang (WBO) – Pembahasan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2021 di Kabupaten Pandeglang sudah rampung dan ditanda tangani Bupati Pandeglang, Irna Narulita. Hasilnya, pesta demokrasi tingkat desa ini akan dimulai pertengahan Juni mendatang.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Doni Hermawan, mengatakan, pelaksanaan Pilkades di 207 desa yang tersebar di 35 kecamatan itu mulai digelar pada pertengahan bulan Juni mendatang. Kata dia, semua rancangan tahapan dan Perbup Pilkades sudah disampaikan langsung kepada Bupati Pandeglang secara detail. Kini, Perbup sudah ditandatangani dan semua rancangan tahapan Pilkadesnya disetujui oleh Bupati Pandeglang.

“Perbup Pilkades sudah ditandatangani oleh Ibu Bupati, alhamdulillah sudah beres. Tahapan-tahapannya juga sudah disampaikan, beliau (bupati) setuju,” kata Doni, Senin (22/3).

Doni memastikan, karena memang sekitar pertengahan bulan Juni Pilkades digelar, tahapan-tahapan Pilkades-nya bakal dimulai pada akhir bulan Maret ini atau paling lambat awal bulan April mendatang.

“Tahapan itu dimulai dari sosialisasi terlebih dahulu kepada camat kepada panitia kecamatan, panitia desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa). Nanti akan kami sampaikan secara gamblang soal aturan dan teknisnya,” ungkapnya.

Intinya kata mantan Camat Banjar ini, Pilkades bakal dilaksanakan sebelum masa jabatan seluruh Kades di 207 desa selesai masa jabatannya. “Masa jabatan para Kades itu sekitar bulan Juli, makanya kami laksanakan sebelum jabatanya habis,” ujarnya.

Supaya diketahui, elemen masyarakat, pihaknya juga bakal merilis pengumuman yang dipampang di tempat-tempat terbuka. “Jadi harapan kami kepada masyarakat yang bakal mencalonkan diri dan yang ingin mengetahui secara detail, nanti kami sampaikan melalui kerjasama media massa, radio, media sosial dan lainnya,” tandasnya.

Kepala Bidang Pemdes pada DPMPD Pandeglang, Asep Permana, menambahkan, tahapan Pilkades itu bukan hanya sampai pelaksanaan pemilihannya saja. Namun dijadwalkan hingga pelantikannya dan pelatihan para Kades terpilih.

“Jadwalnya hingga para Kades terpilih dilantik dan dibekali materi atau pelatihan. Jadi tahapannya lumayan panjang,” katanya.

Pada pelaksanaan nanti, dipastikannya dari mulai tahapan hingga pelaksanaan bakal menerapkan protokol kesehatan. “Ini kan masih Covid-19, jadi Pilkades tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kami pastikan semua pelaksanaan menerapkan protokol kesehatan,” katanya

Soal keamanan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan TNI maupun Polri. “Ya keamanan juga sudah disiapkan. Kami sudah lakukan koordinasi dengan pihak TNI dan Polri,” pungkasnya. (tot)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed