MASUK sebagai wilayah adminstrasi Provinsi Banten, Pandeglang dianugerahi bentangan alam berupa pegunungan, pedesaan, pesisir dan perkotaan.  Dan ada juga beberapa desa bentuk pulau kecil dan mengapung di lautan. Maka tak aneh kalau para pencinta dan penikmat keindahan  alam mencap ‘Pandeglang  Serpihan Surga Dunia.’  Pandeglang pun banyak dikunjungi  wisatawan nasional  maupun mancanegara.

 

Berikut  tempat-tempat wisata di Pandeglang:

1. Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung

Berlokasi di ujung paling barat Kabupaten Pandeglang, Banten, Tanjung Lesung merupakan  Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata pertama, dan telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Februari 2015.

KEK Tanjung Lesung  memiliki luas area 1.500 hektar (ha)  dengan potensi pariwisata  beragam, antara lain keindahan alam pantai, keragaman flora dan fauna dengan unsur kekayaan budaya yang kental.

Dengan kadar garam  tinggi menjadikan KEK Tanjung Lesung memiliki daya tarik wisata tersendiri, selain pasir putih, air laut jernih, hingga memperlihatkan pesona bawah laut sangat cantik.

KEK Tanjung Lesung juga menawarkan keindahan matahari senja yang eksotis, hingga mampu menarik baik wisatawan nasional maupun internasional.

2. Pantai Batu Hideung

Jika berkunjung ke KEK TanjungLesung kurang lengkap jika tidak berwisata ke wisata pantai Batu Hideung, pantai cantik dengan batu karang yang unik, dengan biota laut masih terjaga, sehingga bisa melihat ikan – ikan cantik menyelinap diantara terumbu batu karang.

Tidak sulit menuju ke  Pantai Batu Hideung, karena kontur jalan berbukit sudah beraspal dan berbeton, pemandangan disepanjang jalan yang tidak kalah ciamik, melihat laut lepas dan perbukitan  hijau, sungguh sangat memanjakan mata.

Wisata pantai Batu Hideung berada di Tanjung Jaya Pandeglang Banten. Pantai ini terbagi menjadi, yaitu Batu Hideung Besar dan Batu Hideung Kecil dimana keduanya terpisah jarak sekitar 2 KM saja.

3. Kawasan  Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional tertua, Taman Nasional Ujung Kulon, terletak di bagian paling ujung Provinsi Banten, taman dengan keasrian hutan lindung sebagai habibat alami Badak, Elang Jawa dan hewan langka lainnya.

Jika ingin berwisata ke Taman Nasional Ujung Kulon siapkan performa kendaraan , mengingat terjalnya jalanan menuju ke Taman Nasional Ujung Kulon, sehingga bisa berwisata off road disepanjang jalan Sumur hingga pantai Legon Tanjung Jaya.

4. Curug Putri dan Curug Gendang

Pandeglang diapit oleh Gunung Karang, Gunung Pulosari dan Gunung Asepan, sehingga wajar jika Pandeglang memiliki wisata curug. Wisata curug yang fenomenal adalah Curug Putri biasa disebut juga Little Green Canyon of Banten.

Terletak di Taman Hutan Rakyat ( Tahura ) Kawasan Sukarame, Carita,  Curug yang dikelola oleh warga sekitar ini terbukti mampu mendatangkan wisatawan lokal maupun internasional.

Selain Curug Putri ada juga Curug Gendang, dimana kedua curug selain menawarkan keindahan air terjun, juga menawarkan treck hiking yang luar biasa curam, sehingga sangat memacu adrenalin bukan?

Mengingat sulitnya medan yang tempuh untuk menuju kedua curug tersebut, sangat disarankan menggunakan jasa guide yang sudah terverifikasi DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia Kabupaten Pandeglang dengan tarif yang terjangkau dan standar keselamatan utama.

5. Pantai Carita

Pantai Carita yang diketahui merupakan tempat terbaik untuk bisa menikmati panorama indah. Letaknya ada di pesisir barat dan berhadapan langsung dengan selat sunda. Hal inilah yang menyebabkan tepi pantai carita ini tergolong landai dan deru ombak yang tidak terlalu besar.

Lokasi pantai carita berada di Desa Sukanagara, Kecamatan Carita.

Ketika berada di gerbang pantai, setiap alat transportasi akan dikenakan biaya tiket masuk seperti bus Rp. 400.000 hingga Rp. 700.000 dan kendaraan pribadi beroda empat wajib membayar sekitar Rp. 150.000 per unit.

6. Water Boom DM Tirta Persada

Selain wisata alam, Pandeglang juga memiliki waterboom. Waterboom dengan nama DM Tirta Persada terletak di Jalan Raya Mengger – Mandalawangi, Pandeglang, Banten. Disini terdapat  6 pilihan kolam renang dewasa dan anak, didampingi oleh safety guard yang berserfikat, lengkap dengan wahana permainan air yang seru dan menarik.

Berlokasi  di kaki gunung Pulosari dan Gunung Karang, sehingga udara terasa sejuk dan asri, DM Tirta Persada selain menawarkan kolam renang, ada taman labirin, restoran dan hotel yang sebentar lagi akan direlease.

7. Banjarwangi Park View

Yang baru di Pandeglang, wisata Banjarwangi Park View dengan HTM sebesar Rp. 5.000,- / orang, wisata yang dikelola oleh putra daerah asli pandeglang Yayat (39) ini menawarkan destinati wisata pengunungan, dimana terdapat kolam renang dengan pemandangan  gunung pulosari, Gunung Hasepan dan Laut lepas di seluruh area Pandeglang  yang akan terlihat di siang hari.

Jika malam hari menawarkan gemerlapnya rumah lampu penduduk yang terlihat dari Banjarwangi Park View.  Ingin menikmati night view,  pihak pengelola menyediakan Camp Ground.

Hanya terkendala di jalan rusak sepanjang Mengger dan Caringin. Menurut Iptu Dirman AF, kapolsek Pulosari, area  Pulosari merupakan area kawasan wisata, mengingat Pulosari adalah wilayah di ketinggalan, padahal berada ditengah poros kota, mengingat pulosari ada dijalan nasional, maka kebutuhan transportasi jalan  belum sempurna.

Let’s to be traveler of pandeglang, Banten  join with ePaper Harian Umum Warta Banten and let’s get voucher menginap gratis solo ataupun bersama keluarga tercinta di hotel terbaik di banten, please contact person 08118034564 ( Only Whatapps ). (ririn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed