oleh

KKG Aktif, Guru SD di Kelapa Dua Dilatih Pembelajaran Berbasis TIK

Kab. Tangerang (WBO) – Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Kelapa Dua kembali beraksi. Jelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang masih menunggu kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Pengurus KKG mengadakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Workshop digelar dua hari pada Rabu dan Kamis (15-16/9/2021), yang berlokasi di SD Negeri Bencongan I dan II, Kelurahan Bencongan Indah, Kelapa Dua. Pendaftaran peserta dibuka beberapa hari sebelumnya secara online. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan lengkap.

Korwil Pengawas Kecamatan Kelapa Dua, Jaenudin, menyatakan bahwa kompetensi guru dalam pembelajaran digital sangat penting. Apalagi saat ini masih pandemi dan masih membutuhkan dukungan pembelajaran secara daring.

“Melalui workshop ini guru diharapkan mampu memanfaatkan teknologi digital, tidak melulu merepotkan operator sekolah dalam pembelajaran,” harap Jaenudin, Rabu (15/9/2021).

Bagaimanapun, lanjut dia, perkembangan zaman sudah menuntut para guru untuk memahami teknologi dan informasi. Sehingga proses pembelajaran dibuat sedemikian rupa agar selalu dapat menarik perhatian peserta didik.

“Jadi selamat belajar, manfaatkan workshop ini semaksimal mungkin, agar setelah kegiatan ini para gurù memiliki bekal cukup untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran,” ujarnya.

Sementara itu Haryadi, Ketua KKG Kecamatan Kelapa Dua, menuturkan, pembelajaran berbasis TIK sangat dibutuhkan oleh para guru pada saat ini, terutama bagaimana menyajikan media pembelajaran dengan teknologi. Karena keterbasan kemampuan guru mengenai ini, maka KKG memandang penting menggelar workshop.

“Rencana kegiatan ini sebenarnya sudah jauh-jauh hari, tapi karena terbentur pandemi Covid-19, terpaksa kami putuskan ditunda,” jelas Haryadi.

Ia menyebutkan, guru yang menjadi peserta workshop terdiri dari Guru Kelas 1 sampai kelas 6 di seluruh SD se-Kecamatan Kelapa Dua, baik negeri maupun swasta yang berada di wilayah Gugus 26, 27, 28, 29 dan 30.

“Kami sangat berharap kegiatan ini bermanfaat, dan para guru juga dapat merepakan ilmu yang didapat untuk KBM di sekolahnya masing-masing,” tutupnya.

Pantauan di lokasi, ada yang menarik di sesi acara pembukaan. Korwil Pengawas Kelapa Dua, Jaenudin, menerima kejutan kue ulang tahun dari panitia. Ucapan selamat dan doa pun mengudara, termasuk dari para peserta kegiatan. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed