oleh

Piala Thomas Pulang ke Bumi Pertiwi

Pada pertandingan final, Jonatan Christie memastikan Piala Thomas 2021 pulang ke Bumi Pertiwi pada Sabtu malam (17/10).

Kepastian itu terpatok setelah
Jonatan Christie mengalahkan lawannya dari China Li Shi Feng melalui rubber game dengan waktu 81 menit. Jojo memaksa Li Shi Feng menyerah dengan skor 21-14, 18-21, 21-14.

Indonesia secara total menang 3-0 setelah memenangi dua partai pertamanya, yakni Anthony Sinisuka Ginting yang mengalahkan Lu Guang Zu dengan skor 18-21, 21-14, dan 21-16.

Lalu, dilanjutkan di partai kedua ketika ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menumpas He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan dua gim langsung, 21-12 dan 21

Indonesia pun menggagalkan misi China untuk mempertahankan gelar juara direbut pada 2018. Kemenangan ini sekaligus menuntaskan rasa penasaran Indonesia selama hampir 20 tahun lamanya untuk mengangkat trofi Piala Thomas lagi.

Indonesia kali terakhir berjaya di ajang ini pada 2002. Saat itu Taufik Hidayat dkk. mengalahkan Malaysia dengan skor 3-2 di Guangzhou, China. Setelah itu, Indonesia tidak bisa menghentikan dominasi China meraih enam gelar dari delapan edisi terakhir.

Indonesia pun menahbiskan diri sebagai negara dengan gelar Piala Thomas terbanyak 14 trofi disusul China dengan 10 trofi, lalu Malaysia dengan lima trofi, dan Denmark serta Jepang dengan masing-masing satu trofi. (Ist/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed